Scroll untuk baca artikel beritanya
Berita

Pendataan Warga Yang Bersuku Gayo Di Inggris Terus Dilakukan

127
×

Pendataan Warga Yang Bersuku Gayo Di Inggris Terus Dilakukan

Sebarkan artikel ini

0:00

Penulis : Yusradi Usman al-Gayoni, Founder World Gayonese Community (Diaspora Gayo Dunia)

Data sementara saat ini ada 18 orang Gayo di Inggris. Tahun ini insya Allah ada 2 yang berangkat ke Inggris semuanya 20 orang. Yang sudah selesai dan kembali ke Indonesia, tiga orang, satu selesai kuliah dan dua selesai short course. Kata Yusradi Usman al-Gayoni, Diaspora Indonesia-Inggris.

Dilanjutkan Founder World Gayonese Community (Diaspora Gayo Dunia) itu, 20 orang Gayo tersebut mayoritas di England. “Semua sudah di situ. baik yang sekolah, kuliah, kerja, dan ada yang sudah permanent resident. Wilayah United Kingdom (UK) yang lain, seperti Wales, Scotland, dan Northern Ireland belum terdata. Untuk saat ini, perkiraan saya, ada 20-an orang Gayo di Inggris. Paling banyak, 30-an. Pasalnya, belum terdata semua. Pas saya Cardiff, Wales, akhir bulan lalu, belum ada informasi orang Gayo di sana.” Ucapnya.

Baca juga articel beritanya  Mohd Tanwir,Di Lantik Jadi Pj Bupati Bener Meriah,Oleh Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah,Ini Pesan Dan Arahannya

Orang Gayo ke Inggris ungkapnya sudah mulai banyak tiga tahun terakhir ini. “Sebelum ke Inggris pada (16 November 2023) saya tahunya cuma ada tiga orang Gayo di Inggris, mahasiswa. Ada yang baru selesai kuliah, sedang kuliah, dan mau berangkat kuliah juga. Waktu sudah di Inggris dan tinggal, jalan tujuh bulan di London mengisi berbagai kegiatan yang digelar orang Gayo dan nongayo dari Indonesia, ada orang Gayo dari Indonesia yang ngasih tahu, orang Gayo lainnya di Inggris.” Tuturnya

Baca juga articel beritanya  Lima anggota Polri menerima penghargaan Hoegeng Awards 2024,Ini Nama-namanya

Sepengetahuan Yusradi. orang Gayo pertama ke Inggris itu pada tahun 1990-an dalam rangka short course hanya ada satu orang. “Lalu, di periode itu ada juga yang kuliah, bawa keluarga total empat orang. Periode berikutnya, tahun 2000-an, ada lagi yang kuliah, bawa keluarga juga, empat orang. Empat dekade ini, kurang dari 40 orang Gayo yang ke UK. Peningkatannya secara signifikan, tiga tahun terakhir ini 23 orang. Luar biasa, dibandingkan periode sebelumnya,” sebutnya.

Baca juga articel beritanya  Laporan Di Terima Warga Desa, Desak Kapolres Bener Meriah,Untuk Segera Di Tindak Lanjuti

Anggota Tim Pengembangan Kawasan Gayo-Alas (Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Gayo Lues, dan Bener Meriah) Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (2018-2024) tersebut berharap. melalui kegiatan yang World Gayonese Community (Diaspora Gayo Dunia) semakin banyak orang Gayo yang ke luar negeri. baik yang short course, sekolah, kuliah, magang, kerja maupun yang permanent resident ke Inggris. (Opini)