Scroll untuk baca artikel beritanya
Olah Raga

Nurul Akmal Atlit Angkat Besi,Asal Aceh Raih,Satu Tiket, Olimpiade 2024

78
×

Nurul Akmal Atlit Angkat Besi,Asal Aceh Raih,Satu Tiket, Olimpiade 2024

Sebarkan artikel ini

0:00

Jakarta•Atlet angkat besi (lifter) putri Indonesia asal Aceh, Nurul Akmal, berhasil meraih satu tiket Olimpiade Paris 2024. Ia menjadi wakil Indonesia ke-21 yang lolos ke Olimpiade 2024.

Nurul Akmal dipastikan tampil di Olimpiade 2024 setelah International Weightlifting Federation (IWF) merilis Olympic Qualification Ranking final atlet-atlet yang akan berlaga di Paris.

Lifter putri Indonesia asal Aceh yang akrab disapa Amel itu mengamankan tiket Olimpiade Paris 2024 usai mendapatkan realokasi kuota dari jalur kontinental.

“Dengan masuknya Nurul di Olimpiade Paris 2024, menjadi tantangan agar Nurul dapat come back seperti di Olimpiade Tokyo 2021 dengan masuk 5 besar, semoga target 272 kg merupakan goal yang harus dicapai Nurul Akmal, menjadi tantangan tersendiri,” kata Binpres Pengurus Besar Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI) Hadi Wihardja, Senin (3/6).

Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman, menyampaikan ucapan selamat kepada Nurul Akmal yang berhasil meraih tiket Olimpiade Paris 2024.

“Selamat kepada Nurul Akmal, atlet angkat besi kebanggaan Indonesia asal Aceh. Ini menjadi pecutan untuk Nurul Akmal mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya agar dapat meraih prestasi gemilang,” kata Marciano.

Nantinya, prestasi Nurul Akmal akan menjadi hadiah untuk Indonesia, khususnya Aceh yang pada tahun ini menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 bersama Sumatra Utara (Sumut).

Menurutnya, menjadi suatu kebanggaan luar biasa bagi Aceh memiliki atlet kelas dunia. “Terima kasih atas kerja keras atlet, pelatih, ofisial dan juga PB PABSI,” sebutnya.

Kali Kedua Nurul Akmal Tampil di Olimpiade
Bagi Nurul Akmal, ini merupakan kali kedua ia tampil di Olimpiade setelah debutnya di Tokyo 2020 lalu.

Pada Olimpiade Tokyo 2020, Amel berhasil finis di posisi lima besar cabang olahraga angkat besi kelas +87kg putri. Kala itu, ia menorehkan total angkatan 256 kg, dengan rincian snatch 115 kg, dan clean and jerk 141 kg.